0

Waspadai Penipuan Hacker Melalui Email Phising

Waspadai Penipuan Hacker Melalui Email Phising – Hari ini waktu lagi cek email perhatian saya tertuju pada sebuah email yang mengatas namakan PayPal. Harapan saya mudah-mudahn ini adalah payout yang tak terduga, hehehe…. Tapi berhubung akhir-akhir ini saya tidak pernah melakukan request payout maka saya sempat bertanya-tanya dalam hati. Waktu emailnya saya buka ternyata email tersebut adalah sebuah email phishing dari seseorang yang berniat mencuri acount Paypal saya. Mungkin ada yang bertanya apa itu phishing ?

  • ” Phishing ini merupakan kata plesetan dari bahasa Inggris yang berarti memancing. Dalam dunia yang serba terhubung secara elektronik saat ini, istilah phising banyak diartikan sebagai suatu cara untuk memancing seseorang ke halaman tertentu. phising tidak jarang digunakan oleh para pelaku kriminal di internet untuk memancing seseorang agar mendatangi alamat web melalui e-mail, salah satu tujuannya adalah untuk menjebol informasi yang sangat pribadi dari sang penerima email, seperti password, kartu kredit, dll. Diantaranya dengan mengirimkan informasi yang seakan-akan dari penerima e-mail mendapatkan pesan dari sebuah situs , lalu mengundangnya untuk mendatangi sebuah situs palsu. Situs palsu dibuat sedemikian rupa yang penampilannya mirip dengan situs asli. lalu ketika korban mengisikan password maka pada saat itulah penjahat ini mengetahui password korban. Penggunaan situs palsu ini disebut juga dengan istilah pharming. “

Ini adalah contoh email email phishing mengatas namakan PayPal yang saya terima.

Dari mana kita bisa mengetahui bahwa ini adalah sebuah email phising ?
Yang pertama dilihat dari alamat email pengirim yang menggunakan alamat email :
“PayPal” noreply@netlogmail.com
Email dari PayPal tidak pernah menggunakan domain seperti di atas, semua email dari Paypal meggunakan domain @paypal.com.
Isi email di atas memberitahukan bahwa email saya terkena limited dan harus di restore. Untuk melakukan restore saya diminta untuk mengklik sebuah link yang apabila saya buka maka akan beralih ke halaman login palsu PayPal atau fake login. Untuk pengguna browser fitrefox versi terbaru (v.3.6.3) sudah bisa mendeteksi halaman web seperti ini dan biasanya akan memberi peringatan seperti ini :

Maksud peringatan di atas memberitahukan bahwa “situs ini telah dilaporkan sebagai pemalsuan halaman web dan telah di blokir untuk berdasarkan pengaturan keamanan anda”
Apabila tetap dilanjutkan maka kita akan masuk pada sebuah halama palsu PayPal seperti pada gambar dibawah ini :

Untuk memastikan halama tersebut adalah fake login atau login palsu silahkan perhastikan URL pada adressbar, pada halaman ini URL yang tertera pada addressbar adalah :

http://jose-lemo.es/https/www.paypal.com/

Padahal URL asli dari PayPal adalah :

http://www.paypal.com

Apabila anda tertipu dan mencoba login dengan acount PayPal anda maka email dan password tersebut akan terkirim ke database mereka. Waktu saya mencoba klik LOGIN pada halaman tersebut ternyata beralih ke sebuah halama yang meminta kita memasukkan data-data rahasia seperti dibawah ini :

Apabila anda masih mengisi data-data di atas akibatnya saya tidak bisa bayangkan dan keberhasilan bagi sang penipu .

Sekian info dari saya mudah-mudahan bermamfaat bagi yang masih newbie seperti saya.

Salam : Basri Tamang

Filed in: Tips Dan Trik Tags: , ,

Recent Posts

Bookmark and Promote!

Leave a Reply

Submit Comment

© 2016 Info Seputar Internet | Acai Berry Murah. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Redesain By chapila.